Anda disini : Beranda – Blog Guru: Karya Ilmiah Utin Hadijah
- Terbit : Senin, 30 Januari 2023
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA1 MELALUI PENERAPAN PUMPING TEACHER PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 3 SINTANG
By Utin Hadijah, s.PdI
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karya Utin Hadijah, S.PdI tentang peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPAI melalui Penerapan Pumping Teacher pada Pembelajaran PAI di SMA Negeri 3 Sintang
ABSTRAK Rendahnya motivasi belajar siswa SMAN 3 Sintang menyebabkan kurang serius dalam belajar karena menurut siswa belajar PAI itu susah dan banyak hafalan sehingga membuat bosan dalam belajar. Pumping teacher dipandang sebagai salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang peningkatan motivasi belajar pada pelajaran PAI dengan menerapkan pumping teacher pada siswa kelas XI IPA 1SMA Negeri 3 Sintang . Pertanyaan penelitian dalam Penelitian ini adalah bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI melalui penerapan pumping teacher di kelas XI IPA 1SMA Negeri 3 Sintang ? Bagaimana aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan penerapan pumping taecher terhadap pelajaran PAI? Bagaimana respon siswa dengan menggunakan penerapan pumping teacher? Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1SMA Negeri 3 Sintang sebanyak 19 siswa. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi terhadap aktivitas guru dan siswa, dan angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif statistik dengan data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pumping teacher dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI ada peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua yaitu dengan presentase (85%) baik pada siklus pertama menjadi (90%) sangat baik pada siklus kedua pada observasi guru saat menerapkan pumping teacher. Adapun aktivitas siswa pada siklus pertama dengan presentase (53%) meningkat pada siklus kedua dengan besar presentase (74%), dan dari hasil angket respon siswa bisa disimpulkan mareka tertarik untuk belajar dengan penerapan pumping teacher, pendekatan Pumping Teacher mampu menjadikan siswa lebih terampil dalam belajar, lebih aktif dan mampu mengeluarkan ide-ide baru serta mampu berpikir kritis dan ilmiah, siswa juga mampu mengaplikasikan materi yang diajarkan tersebut dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan penerapan pembelajaran pumping teacher ini